Home > R Forum > Membuat Gantt Chart Sederhana

Membuat Gantt Chart Sederhana

January 3rd, 2009

Gantt Chart merupakan visualisasi chart yang digunakan untuk menggambarkan jadual dari pekerjaan atau proyek.

Berikut definisi Gantt Chart menurut Wikipedia :

A Gantt chart is a type of bar chart that illustrates a project schedule. Gantt charts illustrate the start and finish dates of the terminal elements and summary elements of a project. Terminal elements and summary elements comprise the work breakdown structure of the project. Some Gantt charts also show the dependency (i.e, precedence network) relationships between activities.

Aplikasi Microsoft Project (Windows) maupun Mr Project (Linux) dan banyak aplikasi lain digunakan untuk menggambarkan dengan mudah bagaimana alokasi waktu dan resources dapat kita amati secara grafis.

Untuk membuat Gantt Chart sederhana di R, kita dapat menggunakan fungsi gantt.chart pada library plotrix. Data resources, event, work/task dan time dapat kita simpan dalam bentuk csv. Dengan format sebagai berikut :

———————————————–
Task | Starttime | Endtime
———————————————–

Hasilnya dapat dilihat seperti Gambar 1.

Gambar 1. Contoh Tampilan Gantt Chart Sederhana

Jika kita memiliki WBS yang lebih detail, maka kita dapat membangun fungsi Gantt Chart dengan mengoptimalkan fungsi dasar ataupun dengan melakukan pengembangan pada fungsi gantt.chart pada library plotrix.

Keuntungannya dengan menggunakan R adalah kita dapat membangun model gantt.chart yang kita tampilkan bersama dengan executive dashboard yang kita miliki. Serta kemudahan dalam akses ke berbagai sumber data.

Tantangannya, kita sedikit meluangkan waktu untuk membangun script dibandingkan dengan aplikasi visual. (unung@enciety.com)

R Forum ,

  1. hilda
    February 28th, 2011 at 12:42 | #1

    saya masih belum faham mengenai ganttchar.. bisa dijelaskan dan juga contohnya….terima kasih

  1. No trackbacks yet.
Comments are closed.